ADOBE LIGHTROOM CLASSIC CC - MATCH TOTAL EXPOSURES

Setelah memotret seringkali kita menghasilkan foto-foto dengan exposure yang berbeda dan kita ingin menyamakan exposure setiap foto. Yang seringkali dilakukan adalah melihat foto satu persatu dan menyamakan exposure menggunakan exposure slider (highlight, shadow, black, white) setiap foto satu demi satu yang tentunya akan sangat memakan waktu jika foto yang harus disamakan sangat banyak. Atau yang seringkali dilakukan juga adalah dengan men-sync foto dari ujung ke ujung, alhasil adalah setting foto pertama di copy dari ujung ke ujung yang malah tidak menghasilkan exposure yang sama.

Terlihat pada film strip di bagian bawah, 4 foto yang ada masing-masing berbeda secara exposure dan saya ingin menyamakan keempat foto tersebut berdasarkan foto yang pertama (paling kiri).

Ada satu cara yang paling cepat dan disediakan oleh Adobe Lightroom Classic CC selama ini tetapi seringkali tidak digunakan, yaitu menggunakan “Match Total Exposure”. Cara menggunakannya sangat sederhana, yaitu:

Langkah 1.

Pilih foto-foto yang ingin disamakan exposurenya dengan cara block foto-fotonya dan pastikan foto dengan exposure yang anda inginkan berada di paling kiri..

Klik foto paling kiri sebagai foto patokan, tekan dan tahan SHIFT lalu klik di foto paling kanan untuk blocking. Atau klik foto paling kiri sebagai foto patokan, tekan CMD + A (Mac) / Ctrl + A (Win) untuk blocking sekaligus.

Langkah 2.

Pastikan anda pada Develop Module dan klik Settings pada menu bar hingga drop down menu muncul dan pilih “Match Total Exposures.”

Hasilnya:

 Dengan cepat exposure akan disamakan tanpa harus menyamakan exposure tiap foto satu demi satu.

Dengan cepat exposure akan disamakan tanpa harus menyamakan exposure tiap foto satu demi satu.

Harap diingat yang disamakan hanya exposure, untuk film simulation, clarity, curve, HSL, sharpening, dan lain sebagainya tetap harus di-copy menggunakan fasilitas sync.

Demikian trik sederhana yang dapat mempercepat proses editing anda menggunakan Adobe Lightroom Classic CC. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk subscribe ke newsletter saya untuk mendapatkan update tips & tricks seputar fotografi dan juga cerita-cerita perjalanan.

Terima kasih


Wira Siahaan