Yuk Ke Monas

Hari Sabtu, 23 September 2017 kemarin, Fuji Girls dari Fuji Guys Indonesia mengadakan hunting foto dari pagi hingga malam hari, mulai dari Pasar Baru, Masjid Istiqlal, hingga akhirnya ke Monas.  Saya sendiri tidak bisa bergabung dari pagi dan baru bisa bergabung pada sore hari di Monas.

Sudah lama saya tidak ke Monas, terakhir ke Monas pada waktu pesta rakyat kemenangan Jokowi-JK pada tahun 2014 yang lalu.  Sudah 3 tahun.  Saya lumayan terkejut pada saat memasuki Monas karena perubahan yang cukup mengejutkan dibandingkan dengan 3 tahun yang lalu.  Sekarang masuk Monas hanya melalui pintu IRTI dan saya disambut dengan semacam Pujasera bernama Lenggang Jakarta.  Lalu setelah itu kita bisa memasuki Monas.

Read More

Senja di Pelabuhan Sunda Kelapa

Terakhir saya mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa ini sekitar 3 tahun yang lalu, sudah cukup lama dan itupun saya mengunjungi pada waktu subuh.  Kondisi yang sangat berbeda saya rasakan hari ini, mulai dari cahaya matahari yang memang lagi bagus-bagusnya pada sore hari sejak 3 minggu terakhir dan banyak anak-anak yang pulang sekolah lalu bermain-main di kapal dan meloncat dari atas kapal serta lampu-lampu kapal yang menyala pada malam hari.

Read More

Family Story - Seminggu Pertama Sekolah

Hari Senin, tanggal 17 Juli 2017 yang lalu adalah hari yang sangat dinantikan oleh anak kami Hugo.  Kenapa?  Karena hari itu adalah hari pertama Hugo masuk sekolah TK A.  Sejak lahir pada momen-momen penting Hugo pasti saya dokumentasikan dengan foto, dengan harapan saat dia dewasa nanti dia akan senang membuka-buka album foto dan memutar kembali kenangan-kenangan bersama kami.  :)

Read More

Japan - A Family Adventure (Day 10 - Hitachi Seaside Park, Tokyo Station, & Akihabara)

Ini hari terakhir kami di Jepang, besok sudah harus pulang ke Jakarta dengan pesawat sore.  Hari ini jadwal kami adalah mengunjungi Hitachi Seaside Park di Ibaraki.  Cukup jauh dan cukup banyak berganti kereta.  Berikut cara mencapai Hitachi Seaside Park menggunakan JR Tokyo Wide Pass.

Read More

Japan - A Family Adventure (Day 9 - Fuji Shibazakura Matsuri & Kamen Rider The Diner)

Jadwal kami untuk hari ini adalah mengunjungi Fuji Shibazakura Matsuri (富士芝桜まつり).  Setiap musim semi di dasar gunung Fuji, katanya lembaran permadani bunga Shibazakura (Pink Moss) akan tumbuh dalam waktu singkat.  Salah satu pemandangan yang menakjubkan di Jepang.  Kami menyadari bahwa kedatangan kami saat ini terlalu dini dan kemungkin melihat Shibazakura tumbuh 100% akan sangat kecil, tapi kami tetap ingin pergi karena ingin merasakan paling tidak suasananya.

Read More

Japan - A Family Adventure (Day 8 - Around Tokyo)

Karena kemarin terlalu lelah, pagi ini kami tidak terlalu terburu-buru.  Jadwal kami untuk hari ini adalah full day di Tokyo keliling-keliling.  Kami keluar apartemen sekitar pkl. 08.00 pagi dan istri saya mampir sebentar di BIC Camera dekat Ikebukuro.  Saya dan Hugo sarapan dulu di McDonald samping BIC Camera.  Sekitar pkl. 09.00 kami menuju Ikebukuro Station.

Read More

Japan - A Family Adventure (Day 7 - Jigokudani Snow Monkey Park)

Hari ini kami dedikasikan untuk melihat monyet.  Lho kok lihat monyet jauh banget sih sampai ke Jepang?  Yang kami mau lihat adalah spesies monyet Macaca fuscata (Japanese Macaque) yang dikenal dengan sebutan Snow Monkey atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan sebutan Nihonzaru (日本 Nihon "Japan" + 猿 Saru "Monkey").  

Read More

Japan - A Family Adventure (Day 6 - Disneyland)

Pagi ini Hugo cukup semangat.  Gimana gak semangat, mau ketemu Mickey Mouse di Disneyland hehe.  Kami menyewa apartemen di Ikebukuro, daerah yang cukup ramai dan strategis.  Ikebukuro selain terkenal sebagai pusat hiburan, walaupun tidak sebesar Akihabara, juga terkenal sebagai pusat Otaku (kaum muda yang terobsesi dengan pop culture seperti anime, manga, dsb.  Saya sendiri cukup suka dengan daerah ini, selain banyak sekali makanan, disini juga terdapat toko BIC Camera dan Yamada Denki yang cukup besar.

Read More

Japan - A Family Adventure (Day 5 - Fushimi Inari & Toei Kyoto Studio Park)

Seperti biasa, pkl. 05.30 pagi saya sudah bangun untuk curi waktu foto-foto disekitar ryokan.  Kemarin pagi ada satu spot yang sempat saya 'pantengin' cuma karena kurangnya waktu terpaksa saya ulang lagi hari ini.  Saya memang tidak bisa diam, setiap kali travel bersama keluarga prioritas saya adalah keluarga, fotografi nomor 2, jadi saya harus pintar-pintar curi waktu untuk foto agar tidak mengganggu itinerary keluarga.  Jadi, saya biasa bangun paling pagi dan tidur paling telat, biar sempat hunting.  Saya pernah menuliskan bagaimana cara menyeimbangkan hobby fotografi dan perjalanan keluarga untuk Fujiguys Indonesia sebuah komunitas tempat saya bernaung.  Bisa dibaca disini.

Read More

Japan - A Family Adventure (Day 4 - Hiroshima)

Kami bangun cukup pagi hari ini, sekitar pkl. 06.00 pagi saya sudah mandi dan berjalan-jalan disekitar ryokan.  Sekitar 45 menit kemudian Hugo pun sudah selesai mandi dan keluar ryokan.  Kami berdua pun berjalan masuk ke setiap gang untuk melihat-lihat.  Banyak dari penduduk sekitar yang sudah keluar untuk bersih-bersih menyapa kami, "おはようございます。”  Di ujung jalan kami menemukan sebuah pohon Sakura yang dan Hugo minta di foto di bawahnya.  Pas sekali sinar matahari cukup lembut pagi ini, cocok untuk foto. 😃

Read More