Kalijodo Kini

Penasaran! Ya itu yang saya dan istri rasakan apabila ada teman-teman kami bercerita mengenai perubahan Kalijodo yang dulu dikenal sebagai tempat 'esek-esek' dan sekarang menjelma menjadi RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) sekaligus RTH (Ruang Terbuka Hijau).  Kebetulan sekali ada ajakan dari teman saya untuk melihat Kalijodo sambil membawa anak-anak kami.  Daripada penasaran terus kami meng-iya-kan ajakan tersebut, kebetulan ada libur Imlek pada tanggal 28 Januari yang lalu.  Hugo pun segera menyiapkan skateboard kecilnya supaya sekalian dipakai latihan skateboard disana.

Tiba disana kami seperti tidak percaya, "Ini Kalijodo yang dulu?"  Ini baru 'sulap' :) 

Walaupun belum sepenuhnya rampung, kawasan seluas 1.4 hektar ini sudah cukup diramaikan penduduk, terutama penikmat futsal, skateboard, scooter, inline skate, dan BMX.  Tidak tanggung-tanggung, perancangan dan pengerjaannya pun standar internasional.  

Saya melihat sendiri bagaimana keceriaan masyarakat, terutama anak-anak, menikmati menggunakan tempat ini.  Ada yang sekedar duduk-duduk, ada yang sibuk selfie, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini, dan yang pasti tidak ada lagi kegiatan negatif.

Tempat ini menurut saya akan lebih baik lagi apabila:

  1. Tidak ada yang merokok di seluruh area ini karena banyak sekali anak-anak, dimana ramah anaknya kalau semua orang masih merokok di tempat ini?
  2. Tidak ada yang menginjak-injak dan duduk di rumput;
  3. Tidak ada yang duduk-duduk di sekitar track BMX, karena selain berbahaya, menghalangi yang akan bermain.

Saya sendiri tidak memperhatikan apakah ada larangan merokok, tetapi seharusnya kesadaran saja karena banyak sekali anak-anak yang bermain.  Harapan saya kedepannya semoga semakin banyak tempat-tempat seperti ini agar anak-anak di Jakarta memiliki tempat yang menyenangkan untuk bermain selain di mal-mal.

Terima kasih Pak Gubernur, semoga dari tempat ini lahir legenda-legenda atlet skateboard, inline skate, dan BMX, ditunggu 'sulap-sulap' selanjutnya ya pak :)


Wira Siahaan