6 Aplikasi Yang berguna Selama di Jepang

Not all those who wander are lost.
— J.R.R. Tolkien, The Fellowship of the Ring

Sekarang ini untuk travel tidak lagi sulit.  Mulai dari pencarian tiket pesawat murah, aplikasi dan software untuk merencanakan perjalanan, media-media sosial yang membantu kita dalam memilih tempat-tempat untuk dikunjungi, sampai dengan aplikasi-aplikasi yang membantu kita selama perjalanan.

Ada beberapa aplikasi yang saya coba selama 11 hari di Jepang.  Dari sekian banyak hanya ada 6 yang benar-benar berguna, yaitu:

1.  Guru Navi (iOS / Android)

Guru Navi adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mencari tempat makan.  Apabila anda terjebak di satu tempat dan tidak tahu harus makan dimana yang sesuai budget, bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari tempat makan di sekitar anda sesuai kriteria kita.  Anda bisa memasukkan filter pencarian seperti jenis makanan, jenis restoran, sampai dengan budget anda.

Aplikasi ini saya gunakan pertama kali di Hiroshima.  Pada waktu kami berkunjung ke Hiroshima kami terkena hujan badai sehingga yang seharusnya kami pergi ke Miyajima Island dengan berat hati terpaksa dibatalkan dan kami beralih ke Plan B yaitu sightseeing di tempat-tempat indoor.  Kebetulan di dekat Hiroshima Peace Memorial Museum ada satu tempat indoor yang cukup luas yaitu Hondori Avenue, setelah puas melihat-lihat kami melihat jam dan sudah pas jam makan siang dan kami tidak tahu harus makan dimana.  Saya coba gunakan aplikasi GuruNavi dan memasukkan filter pencarian.  Kami pun menemukan tempat makan yang kami mau dan sesuai budget.  Hebatnya aplikasi ini, dalam memperlihatkan hasil pencarian, aplikasi ini akan memberitahukan juga restoran-restoran mana yang sedang mengadakan Lunch Discount.


2.  Tokyo Metro (iOS / Android)

Bagi yang mengunjungi Tokyo pasti tahu bahwa ada 2 jalur kereta utama disana.  Pertama adalah jalur kereta milik JR yang rata-rata beroperasi di permukaan, yang kedua adalah milik Tokyo Metro yang rata-rata beroperasi di bawah tanah.  

Aplikasi The Official Tokyo Metro akan sangat berguna bagi yang memilih menggunakan Tokyo Metro.  Anda tinggal memasukkan stasiun awal dan stasiun tujuan dan Tokyo Metro App akan menunjukkan anda harus menaiki kereta apa, jam berapa, transfer di stasiun apa, dan tiba jam berapa. Bonusnya, selain memberitahu jadwal, aplikasi ini juga memberitahukan stasiun mana yang dilengkapi dengan free Wi-Fi (terdapat tulisan free Wi-Fi dibawah nama stasiun) .  Dibagian kanan terdapat icon yang bisa anda click (tanda ** merah) yang memberikan info tambahan anda harus keluar dari exit nomor berapa untuk menuju satu mall, landmark, hotel, dll.

3.  JR-East Train Info (iOS / Android)

Bagi pengguna JR Pass, terutama JR East Pass, aplikasi ini sangat berguna karena dapat memberitahu kita jalur-jalur kereta dan setiap perhentian.  Cara menggunakan aplikasi ini mirip dengan Tokyo Metro App, tinggal masukkan stasiun awal dan tujuan sisanya aplikasi akan memberitahu Line apa saja yang harus dinaiki.

Perbedaan yang paling signifikan adalah aplikasi ini tidak memberitahu stasiun mana saja yang memiliki free Wi-Fi, tetapi nilai plus nya adalah aplikasi ini memberikan info jenis tiket apa saja yang dimiliki JR dan dimana bisa membeli.  Lalu aplikasi ini juga memberikan Station Map yang cukup membantu.  Kelemahan yang paling terasa adalah aplikasi ini tidak secepat Tokyo Metro App.

4. Voice Tra (iOS / Android

Saya sendiri sedang mempelajari bahasa Jepang dan saya lumayan berani untuk mencoba berkomunikasi dengan mereka walaupun dengan bahasa Jepang kelas pemula.  Tetapi ada kalanya diperlukan komunikasi dengan kosakata yang spesifik yang tentunya saya belum tahu cara menyampaikannya.  Contohnya: Menanyakan obat di drugstore, menanyakan tentang jenis-jenis sake di Lawson, atau menanyakan mengenai benda-benda elektronik yang kosakatanya belum saya miliki.  Disinilah Aplikasi VoiceTra+ ini berguna, anda tinggal pilih terjemahkan dari Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris ke Bahasa Jepang dan aplikasi ini akan menyuarakan melalui speaker terjemahannya ke dalam bahasa Jepang.  Mungkin kelemahan aplikasi ini adalah harganya yang menurut saya terlalu mahal, tapi demi mencoba akhirnya saya tetap beli dan saya cukup puas dengan kinerjanya.

5.  Google Translate

Kita semua tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.  Mampu menerjemahkan hampir segala macam bahasa.  Tetapi apakah anda sudah tahu bahwa ada fasilitas real-time menggunakan kamera handphone anda segala macam kanji yang tertulis di Jepang?

Cara menggunakannya mudah sekali.  Buka aplikasi Google Translate.  Klik icon kamera di sebelah kiri dan arahkan ke huruf kanji yang terdapat di mana saja.  Tentu saja dengan catatan huruf kanji yang tertulis harus jelas.  Anda akan melihat huruf kanji tersebut diterjemahkan secara real-time di layar anda.  Berguna sekali untuk melihat tanda-tanda di jalan yang tidak kita mengerti seperti Exit, Entry, dll.

Dan apabila anda ingin menerjemahkan sebuah dokumen yang ditulis dalam huruf jepang, urutannya masih sama, yaitu tetap klik icon Kamera dan klik tombol foto di bagian bawah.  Dokumen di hadapan anda akan difoto dan anda tinggal 'scrub' bagian-bagian mana yang ingin diterjemahkan.  Sederhana.

6.  Google Maps

Tentunya aplikasi ini pasti ada di handphone kita semua.  Berguna dimana saja dan sebagai tambahan apabila anda sedang berada di Jepang dan sedang berada di stasiun kereta,  di bagian notifikasi handphone anda akan muncul di stasiun itu ada jalur kereta apa saja lengkap dengan warna-warnanya.

Tambahan:

7.  Hyperdia (Website)

Saya masukkan aplikasi ini dibagian tambahan karena lebih berguna versi web dibanding versi aplikasinya.  Hyperdia sangat berguna untuk perencanaan travel ke Jepang.  Anda bisa memasukkan stasiun awal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, waktu keberangkatan yang diinginkan dan mendapatkan beberapa macam alternatif transportasi lengkap dengan biaya dan waktu tempuh.  Bagi anda yang menggunakan JR Pass, pada saat mencari transportasi bisa uncheck Private Railway sehingga alternatif perusahaan swasta tidak perlu dimunculkan.

Demikianlah 6 aplikasi yang saya gunakan sendiri selama di Jepang dan saya rasa sangat berguna karena benar-benar hampir setiap hari saya gunakan.  Apabila dari pembaca sekalian memiliki aplikasi yang berguna selama di Jepang boleh saling berbagi dan di share di bagian comments.

Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa subscribe ya untuk menerima update blog dan tips-tips travel dan photography dari saya setiap minggunya. 

 

Wira Siahaan