Japan - A Family Adventure (Day 7 - Jigokudani Snow Monkey Park)

Hari ini kami dedikasikan untuk melihat monyet.  Lho kok lihat monyet jauh banget sih sampai ke Jepang?  Yang kami mau lihat adalah spesies monyet Macaca fuscata (Japanese Macaque) yang dikenal dengan sebutan Snow Monkey atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan sebutan Nihonzaru (日本 Nihon "Japan" + 猿 Saru "Monkey").  Disebut Snow Monkey karena mereka hidup berkelompok di daerah bersalju.  

Karena perjalanan jauh kami berangkat pagi sekali, pkl. 06.00 kami sudah keluar dari apartemen.  Ikebukuro masih sepi karena toko-toko jelas belum buka, pada saat mendekati stasiun barulah orang mulai ramai.  Mungkin karena kemarin malam hujan pagi ini dinginnya luar biasa, kami terpaksa berjalan agak cepat supaya hangat.  

Untuk menuju Snow Monkey Park kami menggunakan jalur yang kami dapatkan dari hyperdia.com, yaitu Ikebukuro - Omiya Station - Nagano Station - Snow Monkey Park.  

Kami berangkat dari Ikebukuro menuju Omiya station menggunakan kereta JR Shonan-Shinjuku.  Lalu dari Omiya station kami naik Asama Shinkansen menuju Nagano Station.  Asama Shinkansen dioperasikan oleh JR East pada jalur Hokuriku Shinkansen yang dioperasikan bersama dengan JR West.  Jepang sepertinya sedang mempromosikan tourism di jalur Hokuriku ini dengan mengeluarkan pass terbaru mereka yaitu Hokuriku Arch Pass, JR pass dengan jalur Tokyo - Osaka (via Kanazawa).   Bagi para perokok harap bersabar ya,  Asama Shinkansen tidak memiliki smoking cabin.   O iya, selain tidak ada smoking cabin, penjualan makanan dan minuman pun tidak ada, jadi bawalah makanan dan minuman sendiri sebelum menaiki shinkansen ini.

Akhirnya tiba di Nagano station yang keren.  Saya sendiri lupa-lupa ingat Nagano Station dulu seperti apa, maklum sudah 15 tahun terakhir mengunjungi tempat ini.  Untuk mengunjungi Snow Monkey Park dimulai dari stasiun ini.  


Panduan membeli tiket Snow Monkey Park
dan
Nagaden Express Bus Station


  1. Keluar dari area JR carilah Zenkoji Exit.  Lihat ke papan penanda warna kuning di atas. (Foto 1 & 2)
  2. Setelah itu keluar dan langsung lihat ke kanan ada eskalator yang di papan biru di atasnya bertuliskan "Nagano Dentetsu Line" (Foto 3).  Turun dan lihat di pilar di depan anda ada tulisan penunjuk arah "Nagano Dentetsu Line" (Foto 4).  Ikuti penunjuknya dan anda akan menyusuri lorong hingga tiba di suatu area seperti ruang tunggu (Foto 5).
  3. Tiba di area ini, langsung lihat ke kanan ada loket di pojok kanan (Foto 6).  Belilah Snow Monkey Park Pass disini.  Harganya 3.200 Yen untuk dewasa dan 1.600 Yen untuk anak-anak 6-12 tahun.  Dibawah 6 tahun gratis.  Tiket sudah termasuk tiket masuk Snow Monkey Park dan penggunaan Nagano Dentetsu Line, Nagaden Express Bus (Nagano Station - Snow Monkey Park), Nagaden Bus (Yudanaka Station - Kanbayashi Onsen - Snow Monkey Park) tanpa batas untuk satu hari penuh (Foto 7).  Lalu sebagai tambahan anda juga akan mendapatkan 1 lembar voucher yang bisa dibagi 4 yang masing-masing bisa digunakan di tempat yang sudah ditentukan (Foto 8).  Kami sendiri menggunakan voucher tersebut di Enza Cafe untuk makan siang.

Menuju Nagaden Express Bus Station

  1. Setelah membeli tiket kembalilah ke lorong arah anda datang tadi dan telusurui sampai ke paling ujung dan naiki tangga di sebelah kiri (Foto 1 & 2).
  2. Setelah tiba di atas tunggulah di bus stop no. 23 atau no. 24 (Foto 3 & 4).  Setelah bus datang anda bisa langsung antri untuk menaiki bus.  Apabila anda membawa bagasi / stroller anda bisa meminta tolong supir bus agar bagasi / stroller bisa dimasukkan di tempat bagasi.

JIGOKUDANI YAEN KOEN
(地獄谷野猿公苑)


Selama naik bus kami melihat pemandangan kota Nagano yang sangat asri.  Sepertinya kota ini tidak begitu ramai.  Perjalanan tidak lama, hanya memakan waktu sekitar 30 menit dan anda akan tiba di area Snow Monkey Park Bus Stop.  

Untuk menuju Snow Monkey Park anda harus berjalan kaki menanjak pada satu-satunya jalan menuju ke atas di sebelah kiri museum.  Ikuti jalan anda akan tiba di sebuah pertigaan (Foto 3), ke kiri kembali ke jalan raya utama dan untuk menuju Snow Monkey Park anda ambil jalan ke kanan.  

Naik terus anda akan menemukan area parkir dan toilet di sebelah kanan dan berjalan lurus lagi ada Enza Cafe di sebelah kanan.  Setelah Enza cafe agak ke atas ada gift shop dan gerbang masuk ke Snow Monkey Park.  Dari pintu ini anda perlu berjalan sekitar 1.3 km (+/- 30 menit) untuk sampai di loket Snow Monkey Park.  Di Enza Cafe kami berhenti sejenak untuk mengisi perut.  Selain mencoba Miso Ramen (1.000 Yen) yang rasanya luar biasa enak saya juga mencoba bir lokal yang cukup mahal tapi worth it, enak banget.  Nama Birnya Shiga Kogen Craft beer, saya mencoba yang Miyama Blonde.

Setelah kenyang barulah kami menuju ke atas.  Jangan khawatir, perjalanan ke atas tidak begitu terasa karena selama perjalanan banyak pemandangan menakjubkan dan udara yang segar.  Tetapi bersiap-siap saja karena udara dingin sekali pada waktu spring dan autumn dan pasti akan lebih dingin pada waktu winter, pada saat kami tiba suhu udara sekitar 11 derajat celcius dan semakin sore suhu semakin turun.  Setelah tiba di Locket Snow Monkey Park, perlihatkan Pass anda dan anda akan mendapatkan 1 buah sticker Snow Monkey Park.  Lumayan :)  Di tempat ini ada souvenir shop, tapi saya sarankan nanti saya membeli pada saat kembali dan apabila anda ingin ke toilet sekaranglah saatnya, karena di area snow monkey park tidak ada toilet.

Kami menghabiskan waktu sekitar 1 jam di Snow Monkey Park.  Sayang sekali kami terlewat waktu berendamnya, pasti karena kami terlalu lama makan tadi di Enza Cafe.  Tapi tidak apa, cukup puas kami melihat monyet-monyet bermuka dan berpantat merah ini.  Selama di area Snow Monkey Park anda tidak usah takut karena selalu ada pawang yang berjaga disitu.  


Tips mengunjungi Snow Monkey Park

  1. Sebelum menuju Snow Monkey Park ada baiknya memantau live cam tempat ini untuk memastikan apakah monyet-monyet tersebut ada / tidak.  Live cam bisa dilihat disini.  Sekitar 2 bulan sebelum keberangkatan kami ke Jepang, istri saya sudah menanyakan via email ke tempat ini apakah mungkin melihat Snow Monkey selain winter season, dijawab mungkin saja dan diberikan link web cam di atas untuk memantau.
  2. Saran saya, jika memungkinkan, isilah perut sebelum tiba di tempat ini.  Apabila ingin makan di Enza Cafe nanti saja setelah kembali dari Snow Monkey Park, takutnya terlalu asik makan sehingga jam mandi monyetnya terlewat.
  3. Selesaikan semua panggilan alam (BAB & BAK) sebelum naik ke Snow Monkey Park karena dari gerbang masuk Snow Monkey Park di bawah hingga ke loket Snow Monkey Park di atas tidak ada toilet.  Toilet hanya ada di sekitar Enza Cafe dan di loket Snow Monkey Park atas.
  4. Semua yang berjenis plastik masukkan ke tas, jangan ditenteng.  Monyet-monyet akan menyambar semua yang berjenis plastik, terutama yang berbau makanan.
  5. Lihat-lihat kalau berjalan ya, jangan sampai menginjak 'poop' monyet hehe dan tahan-tahan sedikit bau 'poop' monyet yang tidak sedap.
  6. Jangan kalap membeli KitKat dsb di gift shop di pintu masuk Snow Monkey Park (bawah) karena semuanya dijual di gift shop Tax Refund yang tersebar di Tokyo dan di bandara Narita juga dijual.  Apabila mau membeli kenang-kenangan Snow Monkey Park lebih baik membeli Post Card, Magnet, dll yang ada di daerah Loket Snow Monkey Park (atas).
  7. Berhati-hatilah pada saat berjalan menuju ke loket Snow Monkey Park atas, tidak usah terburu-buru, terutama berjalan bersama anak-anak dan orang tua, pada saat kami datang salju baru saja mencair, jadi cukup licin.  Berjalanlah di sebelah kanan karena sebelah kiri lumayan curam ke hutan.  Selalu waspada juga di sekitar karena pada saat kami melewati jalan ini kami melihat ular di jalan.
  8. Apabila anda mengunjungi tempat ini pada saat winter, bawalah perlengkapan winter lengkap dengan sepatu boot.  Bisa disewa juga di pintu masuk Snow Monkey Park bawah.
  9. Pada saat tiba di area kolam Snow Monkey, anda akan melihat ada 2 area, yaitu area atas dimana kolam Snow Monkey berada, dan yang kedua menuruni tangga ke bawah, area sungai.  Apabila membawa anak kecil berhati-hatilah agar tidak bermain terlalu dekat dengan area sungai karena arus cukup kencang dan berbatu.
  10. Jangan bertatap mata dengan monyet-monyet tersebut, mereka akan merasa terancam.
  11. Jangan membawa anjing.  Anjing adalah musuh alami monyet.

Setelah puas kami pun kembali berjalan pulang dan membeli beberapa souvenir di area loket.  Senang sekali rasanya kami di tempat ini, benar-benar menjauh dari kota dengan suasana yang jauh berbeda.  Dan enaknya lagi pada saat kami disini sepi dari turis dan kalaupun ada turis bule sepasang-sepasang, sehingga yang kami dengar selama perjalanan ke atas sampai dengan kembali adalah suara air, angin menyambar pepohonan, burung-burung, dan suara kami sendiri.  Asik banget dah!

Karena keasikan di atas kami tertinggal Express Bus terakhir untuk kembali ke Nagano Station, jadi kami terpaksa menggunakan Nagaden Bus untuk mencapai Yudanaka Station dan setelah itu menaiki Nagaden Train untuk menuju Nagano Station.  


Panduan Menggunakan Nagaden Bus


Untuk menaiki Nagaden Bus tidak bisa dari Bus Stop anda pertama datang tadi, tapi harus menggunakan Bus Stop lain.  Caranya seperti ini:

  1. Dari arah Enza Cafe anda akan berjalan turun dan bertemu pertigaan.  Ke kiri adalah jalan menuju tempat anda pertama kali turun dari Express Bus.  Anda ambil jalur lurus dan ikuti jalan hingga bertemu jalan raya utama.  Atau, jika anda sudah terlanjur kembali ke Snow Monkey Park Bus Stop di awal, anda tinggal turun ke jalan raya dan belok kanan.
  2. Belok kanan ikuti trotoar anda akan melihat pom bensin Shell di sebelah kanan (Foto 1)
  3. Lurus saja melewati pom bensin Shell hingga anda menemukan Zebra Cross (Foto 2).
  4. Menyeberang menggunakan Zebra Cross dan langsung belok kiri mengikuti trotoar.
  5. Perlahan berjalan di trotoar setelah menyeberang anda akan menemukan plang berwarna kuning di sebelah kiri di atas trotoar (Foto 3)  Ini adalah bus stop 'Sunadome" untuk bus yang menuju Nagano Station.  Dibawahnya ada plang jadwal bis berbentuk kotak.  Untuk panduan jadwal bis bisa dilihat disini. Scroll ke bawah, lihat kotak no. 3 di lingkaran merah.
  6. Setelah bus tiba anda hanya perlu menaiki dari pintu belakang, duduk hingga tiba di Yudanaka Station.  Perlihatkan Snow Monkey Park Pass anda pada saat turun.
  7. Anda akan tiba di Yudanaka Station, sebuah stasiun kereta kecil (Foto 6).  Anda bisa menunggu di waiting room yang sudah disediakan untuk menunggu kereta tiba.
  8. Anda akan menaiki Nagaden Train untuk mencapai Nagano Station.  Tunjukkan Snow Monkey Park Pass anda kepada penjaga loket untuk menaiki kereta ini.
  9. Tiba di Nagano Station, seperti biasa anda tinggal menuju area JR yang terletak di atas dan menunggu Shinkansen untuk kembali ke Ikebukuro.

Selama perjalanan menggunakan bus dari Snow Monkey Park menuju Yudanaka Station kami melihat banyak sekali pemandangan kota Nagano.  Apalagi pada saat itu sudah mulai blue hour dan lampu-lampu kota menyala, wah moodnya enak.  Suatu hari nanti saya dan istri saya sepakat sepertinya kami akan memulai perjalanan di Jepang dari kota ini.

Kesan kami atas perjalanan hari ini cukup memuaskan.  Hugo bisa melihat dan memegang salju untuk pertama kali, bisa melihat Snow Monkey walaupun tidak lagi berendam, menikmati suasana yang tenang jauh dari metropolitan, lihat hutan, duduk nongkrong menunggu bis di trotoar, wah kami puas sekali.  Apabila pembaca sekalian ingin mengunjungi Snow Monkey Park tidak usah ragu karena benar-benar pengalaman yang berbeda dari biasanya.

Kami tiba di apartemen dengan tubuh yang lelah namun puas.  Kami segera beristirahat agar besok fit untuk berkeliling Tokyo. Hari ini adalah hari terakhir kami menggunakan JR Pass karena kami hanya membeli untuk 7 hari dan untuk perjalanan keliling Tokyo besok kami akan menggunakan ticket jenis lain.  

Terima kasih sudah membaca.  Jangan lupa subscribe ya untuk menerima update blog dan saya akan mengirimkan tips-tips travel dan travel photography setiap minggunya.

Sampai jumpa di Day-8.  Around Tokyo.

 

Wira Siahaan