Menikmati Liburan di Jepang Menggunakan JR Pass

I know all we’re doing is travelling without moving, hey hey. I know all we’re doing is travelling without moving.
— Jamiroquai

"Kalau ke Jepang jangan lupa pake JR Pass ya, biar murah."  Anda pasti sering mendengar kalimat seperti itu, apalagi jika teman atau keluarga anda yang sudah pernah ke Jepang mendengar bahwa anda akan berlibur ke Jepang.

Dulu waktu pertama kali menggunakan JR Pass jujur saya pusing  Tetapi karena sering menjelaskan ke teman dan saudara yang akan berangkat ke Jepang saya jadi cukup mengerti.  Saya akan coba menjelaskan seringkas mungkin apa itu JR Pass dan cara menggunakannya.


Sebenarnya apa itu JR Pass?

JR Pass adalah sebuah tiket pass yang meng-cover biaya penggunaan transportasi yang dioperasikan oleh Japan Railway (JR) Group dalam waktu tertentu yang hanya bisa digunakan oleh turis pemegang visa temporary visitor.  JR Group terdiri dari 9 Perusahaan dimana 6 dari perusahaan tersebut adalah perusahaan transportasi yang dibagi berdasarkan daerah di seluruh Jepang.  Masing-masing perusahaan JR tersebut memiliki produk unggulan masing-masing, tetapi dengan menggunakan JR Pass hampir semua transportasi utama di seluruh Jepang yang dioperasikan oleh enam perusahaan JR tersebut bisa digunakan, tentunya dengan beberapa pengecualian. Berikut peta daerah operasional enam perusahaan transportasi JR di seluruh Jepang.


By Vladsinger (Own work) [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons

JR Pass dibagi 2 (dua) kelas dan setiap kelas dibagi lagi tergantung dari durasi pemakaian, yaitu:

Harga per April 2017, untuk harga bisa dipantau di website Japan Rail Pass.  

Beda Green Car & Ordinary Car adalah Green Car mempunyai tempat duduk yang lebih luas dan area kaki lebih lega.  Bagi saya ordinary car sudah lebih dari cukup untuk travel, kecuali memang menginginkan kenyamanan lebih dalam perjalanan.  Bahkan sekarang beberapa Shinkansen seperti Hayabusa, Hayate, Yamabiko, dan Nasuno di Hokkaido Shinkansen, lalu Kagayaki, Hakutaka, Asama di Hokuriku Shinkansen sudah memiliki kelas di atas Green yaitu Gran Class.


Berlaku untuk apa sajakah JR Pass?

  1. JR Trains
    Pass ini bisa digunakan untuk hampir semua jenis kereta yang dioperasikan oleh JR seperti Shinkansen (Kecuali Nozomi Shinkansen dan Mizuho Shinkansen), Limited Express, Express, Rapid, dan kereta lokal.

    Pada umumnya, saat travel ke Jepang, beberapa kali penggunaan Shinkansen, Limited Express, dan Narita Express (N'EX) saja sudah cukup menguntungkan bagi pengguna JR Pass.

  2. Tokyo Monorail ke/dari Haneda Airport.

  3. JR Ferry ke Pulau Miyajima di Hiroshima.

  4. Non-JR Trains untuk mengakses JR-Train yang jalurnya terisolir. Dengan catatan, JR Pass hanya bisa digunakan di stasiun-stasiun yang sudah ditentukan. Contoh Non-JR Trains yang bisa digunakan adalah:
    a. Aomori Railway. Jalur antara Aomori, Noheji, dan Hachinohe. Digunakan untuk mengakses JR Ominato Line yang menuju ke Shimokita Peninsula.
    b. IR Ishikawa Railway. Jalur antara Kanazawa dan Tsubata. Digunakan untuk mengakses JR Nanao Line yang menuju ke Noto Peninsula.
    c. Ainokaze Toyama Railway. Jalur antara Toyama dan Takaoka. Digunakan untuk mengakses JR Himi Line dan JR Johana Line.

  5. Local JR Bus, kecuali Highway Bus.
    a. Yamaguchi - Hagi
    b. Kyoto Station - Ryoanji - Takao
    c. Kanazawa Station - Kenrokuen
    d. JR Bus ke Danau Towada
    e. JR Tourist Loop Bus di Hiroshima
    f. JR City Bus seputar Sapporo
    g. JR Local Bus ke Kusatsu Onsen


Apa keuntungan tambahan JR Pass?

  1. Free Seat Reservations
    Pemegang JR Pass mendapatkan fasilitas gratis untuk reservasi tempat duduk.

  2. Diskon di beberapa hotel yang berafiliasi dengan JR. (Link)


Dimana JR Pass bisa dibeli?

JR pass bisa dibeli secara online atau membeli dari agen-agen resmi JR yang ada di Indonesia.  Biasanya perusahaan tour & travel di Indonesia melayani penjualan JR Pass.  

Mulai tanggal 8 Maret 2017 sampai dengan 8 Maret 2018, Jepang mengadakan trial penjualan JR Pass di beberapa stasiun yang sudah ditentukan di Jepang, tentunya dengan harga yang lebih mahal dibandingkan membeli di luar Jepang.  Stasiun-stasiun tersebut termasuk Narita Airport, Haneda Airport, Kansai Airport, Shin-Chitose Airport, Tokyo, Shinjuku, Nagoya, Osaka, Sapporo, Sendai, Niigata, Yokohama, Hiroshima, Takamatsu, dan Hakata. 

Pada saat anda membeli JR Pass di Indonesia, anda akan mendapatkan Exchange Order, dimana Exchange Order ini yang nanti ditukarkan dengan JR Pass pada saat anda tiba di Jepang.  Exchange Order dapat ditukarkan di kantor-kantor JR di beberapa lokasi seperti Narita Airport dan railway stations besar dan jangan lupa pada saat penukaran untuk membawa passport asli, bukan copy.


Apakah JR Pass harus digunakan pada hari penukaran?

Pada saat menukarkan Exchange Order, anda tidak harus memilih tanggal penggunaan hari itu juga, anda bebas memilih tanggal penggunaan dalam periode satu bulan dengan catatan setelah dipilih tidak dapat diganti lagi.  

Masa berlaku JR Pass menggunakan hari kalender (midnight to midnight), bukan dengan hitungan 24-hour.  Contoh: Apabila JR Pass 7-days anda diaktifkan pada pkl. 15.00 hari ke-1, maka JR Pass anda akan habis masa berlakunya di hari ke-7 pkl. 24.00, bukan pkl. 15.00 hari ke-8.


Oke, JR Pass sudah ditangan, bagaimana cara menggunakannya?

Menggunakannya cukup mudah.  Di setiap stasiun kereta selalu ada pintu masuk khusus untuk JR yang berbeda dengan pintu masuk jalur kereta lain.  Pemilik JR Pass tidak dapat masuk melalui automatic ticket gates yang ada di setiap pintu masuk JR Lines.  Pergilah ke paling kiri / kanan, ke tempat dimana ada petugas stasiun dan tunjukkan JR Pass anda untuk masuk.  Begitu juga pada saat anda ingin keluar dari area JR, tunjukkan JR pass untuk keluar. (Lihat Gambar dibawah)

Contoh JR Gate di Ikebukuro

By Nyao148 (Own work) [GFDL or CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons

Lalu bagaimana cara reserved seat?

Anda hanya perlu mendatangi kantor JR dimana saja (lihat gambar dibawah) dan tunjukkan JR Pass anda untuk reserved seat.  Anda hanya perlu menyebut kota tujuan dan waktu, petugas akan membantu anda mencarikan kereta dan bangku yang tersedia untuk di-reserved.  JR East bahkan memiliki website untuk reserved secara online sampai dengan sebulan sebelum penggunaan.

Untuk menaiki sebuah kereta JR tidak harus reserved seat, anda bisa menaiki kereta yang sama tetapi pada gerbong non-reserved.  Untuk mengetahui gerbong nomor berapa saja yang non-reserved bisa melihat pada papan pengumuman elektronik yang selalu ada di atas tempat tunggu kereta.  (lihat gambar dibawah).  Tetapi ada kereta-kereta tertentu yang harus reserved seperti:

  1. Narita Express (Tokyo - Narita Airport)

  2. Hayabusa dan Hayate Shinkansen di jalur Tohoku/Hokkaido Shinkansen

  3. Komachi Shinkansen di jalur Akita Shinkansen

  4. Kagayaki Shinkansen di jalur Hokuriku Shinkansen

  5. Sunrise Seto/Izumo Night Trains

Papan Pengumuman Elektronik Kereta

By User:Araisyohei (Own work) [GFDL or CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons

Pengalaman terakhir menggunakan JR Pass

Karena perjalanan terakhir saya bulan April 2017 yang lalu adalah perjalanan keluarga yang beranggotakan 8 orang termasuk orang tua berumur 66 tahun dan balita berumur 4 tahun, perjalanan saya atur senyaman dan seefektif mungkin.  Dengan menggunakan JR Pass banyak penghematan waktu selama perjalanan karena tidak perlu membeli tiket setiap kali menggunakan kereta. Bagaimana soal harga, apakah harga JR Pass yang cukup mahal itu terbayar?  Berikut perhitungan berapa Yen yang harus kami keluarkan apabila menggunakan Shinkansen tanpa JR Pass, dibandingkan dengan dengan menggunakan JR Pass.  Biaya dibawah belum termasuk penggunaan beberapa kali Limited Express dan local JR Trains.


TIPS

  1. Untuk anak-anak dibawah 6 tahun sebenarnya tidak perlu membeli JR Pass, kecuali anda ingin memastikan anak anda memiliki tempat duduk dan tidak dipangku selama perjalanan. Apabila kursi disebelah anda kosong, anda bisa saja mendudukkan anak anda disitu selama kursi tersebut tidak ditempati. Apabila pemilik kursi datang, apa boleh buat harus diberikan.

  2. Sedikit berbagi pengalaman, usahakan itinerary anda sudah fix sebelum membeli JR Pass dengan bantuan website hyperdia.com (untuk melihat jadwal kereta, jenis kereta, dan waktu tempuh) dan jprail.com (info detil mengenai menggunakan kereta di Jepang), lalu gunakan JR Pass Calculator dan hitung apakah terbayar menggunakan JR Pass.

  3. JR Pass bukan satu-satunya pass transportasi untuk travel selama di Jepang. Sebagai contoh, apabila itinerary anda hanya mengunjungi area Hokkaido, mungkin dibanding membeli JR Pass, lebih baik naik pesawat dari Narita / Haneda Airport ke New Chitose Airport (Sapporo), lalu menggunakan JR Hokkaido Pass selama di Hokkaido. Sesuaikan dengan itinerary dan anggota perjalanan anda, hitung dengan JR Pass Calculator, lalu putuskan untuk membeli atau tidak.


Demikianlah sharing saya mengenai JR Pass, semoga bermanfaat.  Have a nice travel everyone. :)

Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa subscribe ya untuk menerima update blog dan tips-tips travel dan photography dari saya setiap minggunya. 

 

Wira Siahaan