Perlengkapan Travel Bagi Keluarga yang Membawa Anak Kecil

Bagi kami travel dengan anak adalah hal yang paling menyenangkan, memang banyak yang harus dipersiapkan tapi terbayar dengan keseruan pada saat travel nanti.  Banyak teman-teman yang bertanya kepada kami mengenai perlengkapan apa saja yang pasti kami bawa apabila sedang berlibur membawa anak kami.  Saya akan coba membahas satu per satu apa saja yang terkadang lupa dibawa.

1. Stroller dan Bantal Leher

Stroller sangat penting untuk dibawa berjalan-jalan dengan anak-anak.  Anak saya sudah berumur 4 tahun dan dia lebih suka berjalan sendiri sambil membawa backpack-nya.  Tapi ada waktunya dia akan lelah dan mengantuk, disinilah stroller sangat berguna.  Apabila sedang tidak digunakan oleh anak saya, stroller bisa beralih fungsi untuk menaruh barang-barang belanjaan atau tas yang cukup berat.

Banyak model stroller yang ringan sekarang ini, yang kami gunakan adalah merk Cocolatte type iSport.  Dikombinasi dengan bantal leher akan membuat anak tidur dengan nyaman.  Bantal leher ini pun cukup berguna apabila anak ingin tidur di mobil, kereta api, atau di pesawat.
 

2. Tablet

Kebetulan kami memiliki sebuah iPad, sudah terisi film-film dan lagu-lagu Hugo yang biasanya selalu kami bawa apabila berlibur membawa Hugo.  Cukup efektif untuk membuat Hugo tenang selama di pesawat.  Akhir-akhir ini kapasitas penyimpanan iPad kami sudah semakin penuh dan Hugo tidak mau film-film dan lagu-lagunya dihapus tapi tetap mau ditambah.  Solusi saya adalah dengan menggunakan Wireless External Harddisk yang bisa diakses dari gadgetWireless harddisk yang saya gunakan adalah Western Digital My Passport Wireless 2 TB.  Sekarang semua film dan lagu Hugo dipindahkan ke dalam harddisk tersebut.  

Sebenarnya fungsi utama harddisk ini adalah untuk backup foto-foto saya selama travel karena saya menghindari membawa laptop apabila bepergian bersama keluarga.  Saya akan tuliskan secara terpisah bagaimana solusi backup saya selama travel tanpa laptop.
 

 
 

3. Headphones dengan Built-in Volume Limiter

Apabila anak mengggunakan iPad waktu di pesawat maka Headhpones dengan Built-in Volume Limiter wajib dimiliki.  Terutama saat digunakan di pesawat suara iPad langsung dari speaker-nya akan mengganggu penumpang lain.  Headphones yang kami gunakan adalah JVC HAKD5Y Tiny Phones.  Built-in Volume Limiter sangat berguna karena membatasi output volume yang keluar dari headphones maksimum sebesar 85 dB. Soft pad nya lunak, cord-nya pun cukup panjang (sekitar 80 cm).

Dari segi ukuran pun tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, cukup pas apabila digunakan anak umur 4 tahun ke atas.  Bonusnya termasuk beberapa lembar sticker yang bisa untuk ditempel-tempel oleh anak.

Oiya, untuk mengetahui berapa lama telinga mampu bertahan untuk mendengar suara dengan tingkat volume tertentu sebelum terjadi kerusakan bisa dilihat disini.

 
 

4. Backpack

Senang sekali melihat anak saya pertama kali memiliki backpack nya sendiri.  Tiba-tiba semua mainan, iPad, dan snack-snack-nya dimasukkan sendiri dan kita sendiri berkurang beban dan Hugo merasa dia menjadi bagian dari tim perjalanan.  Cuma perlu diperhatikan juga isinya agar tidak terlalu berat hingga menyakiti pundak anak.
 

 
 

5. Makanan Anak, Snack, & Buah-buahan

Setiap anak punya menu makanan masing-masing sesuai dengan kebutuhannya.  Kami membawa snack-snack seperti Farley Biscuit dan keju yang slice.  Snack ini cukup membantu menenangkan anak apabila terjadi delay penerbangan dan kejadian-kejadian yang membuat kita harus menunggu.  

Untuk sarapan Hugo kami biasa membawa Sereal Gandum.  Untuk buah-buahan yang kami bawa adalah pisang dan alpukat.
 

6. Alat-alat Menggambar/Jigsaw Puzzle

Kok bawa alat menggambar/Jigsaw Puzzle lagi padahal sudah bawa iPad?  Ya, iPad sangat berguna hingga saatnya awak penerbangan tiba-tiba mengumumkan bahwa semua peralatan elektronik harus dimatikan, terutama pada saat takeoff & landing.  Disinilah alat-alat menggambar dan jigsaw puzzle ini berguna.  Oya, bawalah alas buku sendiri jadi tidak perlu membuka meja tray di depan. 
 

 
 

7. Buku Cerita Kesayangannya

Anak kami setiap malam selalu diceritakan satu cerita dari buku-buku cerita yang kami beli untuknya.  Dan buku ini sangat manjur untuk membuat anak tertidur karena rata-rata di akhir buku si karakter utama selalu tidur hehe.  Selain itu, buku cerita juga berguna untuk mengingatkan anak akan rumahnya.
 

8. Obat-obatan, Tisu Basah, dan Sabun Cair

Selalu sedia obat-obatan seperti:
- Betadine
- Smecta
- Minyak Kayu Putih
- Trombobhop
- Imboost Force
- Antangin Junior untuk jaga-jaga perutnya kembung
- Obat demam seperti Sanmol / Tempra
- Madu (di botol kecil)
- Hansaplast

Tisu basah dan sabun cair sangat dibutuhkan untuk keadaan-keadaan dimana sulit mendapatkan tisu dan sabun.  Sabun cair biasa kami menggunakan merk Cussons atau Zwitsal lalu kami pindahkan ke botol kecil dan diberi label.
 

9. Jas Hujan

Banyak jenis jas hujan untuk anak, kami beli yang lucu aja biar Hugo senang menggunakannya.  Jas hujan ini pun tidak mahal, sekitar Rp. 60.000,-, banyak dijual di toko-toko online.
 

10. Kantong Plastik

Kantong plastik ini berguna untuk memasukkan pakaian kotor / basah selama di perjalanan dan juga untuk membuang sampah.  Jangan 'nyampah' di jalan-jalan ya hehe.
 

11. Botol Minum

Banyak jenis botol minum yang dijual dimana-mana.  Pilihlah yang tidak terlalu besar supaya tidak terlalu berat di backpacknya.
 

 
 

12. Sunblock

Carilah merk sunblock yang memiliki SPF 30 - 50.  Yang biasa kami gunakan adalah Pure Baby Sunblock, Nivea Sun Kids, atau yang khusus wajah seperti Banana Boat Sun Comfort.  Biasanya tersedia di apotek-apotek dan toko-toko online. 
 

 
 

13. Selimut

Kami biasa membawa seliput tipis untuk berjaga-jaga apabila terlalu dingin di kereta atau pesawat.

14. Jaket (Optional)

Jaket pun tergantung kemana kami pergi belibur.  Waktu ke Bali Desember 2016 yang lalu kami tidak membawa jaket.  

Demikianlah daftar barang-barang yang selalu kami bawa apabila pergi berlibur dengan anak.  Apabila pembaca sekalian punya tips-tips perlengkapan lain sangat diharapkan untuk share di bagian comments. :)

Terima kasih

 

Wira Siahaan