Yuk Ke Sawarna Lagi

"Lu gak bosen apa ke Sawarna mulu Wir?", tanya seorang teman sepulangnya saya dari Sawarna Agustus kemarin.

"Belum bosen sih, foto yang gua pengen belum dapet-dapet!", jawab saya santai.

Tapi itu memang jawaban jujur saya kepada teman saya itu, saya belum puas, seharusnya saya bisa menghasilkan foto yang lebih baik lagi karena saya masih terus belajar. 

Read More

Melihat Pembuatan Hio di Kampung Rawa Panjang

Tahun baru Imlek tinggal menghitung hari.  Tempat-tempat produksi kebutuhan merayakan Imlek pun semakin sibuk.  Setelah 2 minggu berturut yang lalu saya mengunjungi pabrik dodol dan kue keranjang, sekarang saya mengunjungi tempat pembuatan hio di daerah Kampung Rawa Panjang. Kenapa tidak pergi ke tempat pembuatan hio yang biasa seperti di Teluk Naga? Karena saya dan teman saya, Victor Djaja, merasa tidak mungkin kalau tempat pembuatan hio hanya disitu saja.  Akhirnya kami mencari-cari dan Victor menemukan satu video di youtube hasil liputan salah satu TV Swasta mengenai kesibukan Imlek dan kebetulan menyiarkan satu tempat pembuatan hio di daerah Kosambi.

Read More

Jalan-jalan Ke Pasar Lama Tangerang dan Pabrik Dodol

"Mas jangan lupa ya tar kasih saya fotonya", kata salah satu penjual buah di Pasar Lama Tangerang waktu saya minta ijin memotretnya waktu sedang berjualan.  Itu salah 1 dari banyak respon para penjual sewaktu kami 'hunting' foto.  Mungkin karena sering melihat fotografer datang untuk hunting, para penjual disini sudah terbiasa melihat kamera. 

Pasar Lama Tangerang dan Pabrik Dodol Ny. Lauw adalah dua tempat yang sudah lama ingin saya kunjungi dan akhirnya kesampaian bersama grup dari infofotografi.com.  

Read More

Berburu Ombak Sawarna

Alarm ponsel saya berbunyi terus, sudah berkali-kali saya snooze dan yang terakhir kali saya matikan alarm dan memutuskan untuk bangun.  Tarik ponsel ke depan wajah untuk melihat jam, sudah pukul 03.30 pagi.  Celingak-celinguk gelap gulita, mata masih berusaha menyesuaikan.  Akhirnya sadar ini bukan kasur saya, bukan kamar saya dan saya melihat ketiga teman sekamar saya masih lelap.  Saya terbangun di penginapan Andrew Villa di Sawarna.  Perjalanan sekitar 8 jam dari daerah Pancoran, Jakarta kemarin dan jalanan yang berlika-liku naik-turun membuat saya agak hang.  Saya pun segera keluar untuk membangunkan teman-teman yang lain, saatnya berburu sunrise! 

Read More

Gerabah Plered yang Mendunia

Mendengar ada workshop photo story dari infofotografi.com di Plered bersama mas Teguh Sudarisman saya langsung bersemangat. Ada 2 alasan, pertama karena saya kelewatan workshop beliau di Banten dan kedua adalah saya sudah membayangkan serunya ‘moto’ pengrajin gerabah. Sudah saya bayangkan pasti banyak pattern, framing, dramatic light, dan tentunya human interest.  Tidak pikir panjang saya langsung mendaftar.  Dari meeting point di McDonald Sarinah kami berangkat tepat pkl. 06.00, kondisi jalan tol cukup macet karena ada kecelakaan.  Alhasil kami tiba pkl. 09.37 di Workshop Anjun milik Haji Eman.

Read More

Yuk Ke Monas

Hari Sabtu, 23 September 2017 kemarin, Fuji Girls dari Fuji Guys Indonesia mengadakan hunting foto dari pagi hingga malam hari, mulai dari Pasar Baru, Masjid Istiqlal, hingga akhirnya ke Monas.  Saya sendiri tidak bisa bergabung dari pagi dan baru bisa bergabung pada sore hari di Monas.

Sudah lama saya tidak ke Monas, terakhir ke Monas pada waktu pesta rakyat kemenangan Jokowi-JK pada tahun 2014 yang lalu.  Sudah 3 tahun.  Saya lumayan terkejut pada saat memasuki Monas karena perubahan yang cukup mengejutkan dibandingkan dengan 3 tahun yang lalu.  Sekarang masuk Monas hanya melalui pintu IRTI dan saya disambut dengan semacam Pujasera bernama Lenggang Jakarta.  Lalu setelah itu kita bisa memasuki Monas.

Read More

Senja di Pelabuhan Sunda Kelapa

Terakhir saya mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa ini sekitar 3 tahun yang lalu, sudah cukup lama dan itupun saya mengunjungi pada waktu subuh.  Kondisi yang sangat berbeda saya rasakan hari ini, mulai dari cahaya matahari yang memang lagi bagus-bagusnya pada sore hari sejak 3 minggu terakhir dan banyak anak-anak yang pulang sekolah lalu bermain-main di kapal dan meloncat dari atas kapal serta lampu-lampu kapal yang menyala pada malam hari.

Read More

Kalijodo Kini

Penasaran! Ya itu yang saya dan istri rasakan apabila ada teman-teman kami bercerita mengenai perubahan Kalijodo yang dulu dikenal sebagai tempat 'esek-esek' dan sekarang menjelma menjadi RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) sekaligus RTH (Ruang Terbuka Hijau).  Kebetulan sekali ada ajakan dari teman saya untuk melihat Kalijodo sambil membawa anak-anak kami.  Daripada penasaran terus kami meng-iya-kan ajakan tersebut, kebetulan ada libur Imlek pada tanggal 28 Januari yang lalu.  Hugo pun segera menyiapkan skateboard kecilnya supaya sekalian dipakai latihan skateboard disana.

Read More

Menikmati Suasana Desa di Suru Kulon

Dari pkl. 04.00 saya sudah tiba di stasiun Solo Balapan ini.  Lagu "Setasiun Balapan" dari Didi Kempot kemarin malam masih bergema rasanya.  Pkl. 01.30 kami jalan dari Desa Suru Kulon menuju Solo, diajak makan soto sebentar lalu saya pun di drop di stasiun ini.  Kepagian sih, tapi tak apa, daripada terlambat.

Read More

Perjalanan Ke Solo Yang Penuh Kesan

Ngantuk.  Jam 5 pagi sudah jalan dari rumah.  Wangi lemon dr mobil uber Pak Andi membuat saya tetep terjaga sampai gambir. Jalanan Jakarta seperti biasa, rame walaupun masih jam 5 lewat. Kayanya bener jakarta ini kota yang tak pernah tidur.  

"Mas ojek mas?".  Itu sambutan para tukang ojek setibanya saya di Gambir.  Baru tiba sudah ditawarin suruh pulang lagi hehe.  Sambil menolak halus saya duduk di pinggiran depan Indomaret.  Masih satu jam lagi baru boleh masuk ke ruang tunggu.  Saya habiskan waktu membaca buku sampai akhirnya suara dari pengeras suara memanggil agar saya cepat naik ke ruang tunggu kereta.  "Agus, agus cepat naik ke kereta.". Ngayal.

Read More